Senin, 06 April 2015

 19.53      ,    No comments
Oleh: Nikmatul Khoiriyah
Judul Buku      :“Women of Heaven
Pengarang       : Evi Ni’matuzzakiyah
Penerbit           : Pro-U Media
Tahun Terbit   : 2013
Cetakan           : III
Tebal Buku     : 164 hlm; 12 x 20 cm
No ISBN         : 979-1273-28-6

“Seorang wanita adalah lembaga pendidikan, yang jika ia benar-benar mempersiapkan dirinya, berarti ia telah mempersiapkan sebuah generasi yang benar-benar digdaya.”
Ahmad Syauqi
            Wanita merupakan makhluk yang diciptakan oleh Allah dengan segala keunikan dan keindahannya. Wanita berbeda dengan kaum lelaki. Dalam agama lain, wanita ditempatkan pada posisi yang rendah. Wanita seakan-akan menjadi aib yang tak boleh diketahui orang lain. Kehadiran seorang putri yang bahkan telah ditaqdirkan Allah agar hidup diantara mereka sebagai penentram hati, seakan-akan menjadi sesuatu yang harus dihindari. Namun berbeda dengan Islam. Di Islam, waniti memiliki posisi yang terhormat dan sangat mulia. Dalam Islam pula kaum wanita diangkat derajatnya oleh Allah 3 kali lebih tinggi daari seorang laki-laki
            Dalam buku karya Evi Ni’matuzzakakiyah ini, dijelaskan bagaimana keunikan dan keistimewaan seorang wanita. Satu wanita shalihah lebih baik daripada seribu lelaki shaleh. Wanita shalihah merupakan wanita yang memiliki semangat juang yang tinggi, yang tujuan utamanya adalah ridha Allah SWT terhadap apa yang ia kerjakan. Dalam buku ini, ada tiga tips untuk menghantarkan muslimah menuju gerbang keridhaan:
1. Gerbang pertama, semangat yang tinggi;
2. Gerbang kedua, jiwa yang suci bersih;
3. Gerbang ketika, meneguhkan pendirian terhadap semua yang menimpa diri itu adalah dari Allah.
Dalam mencapai keridhaan, kekokohan iman akan teruji untuk membuktikan keutuhan istiqamah seorang muslimah. Dari sinilah, letak keistimewaan akan diperoleh. Ketaatan yang lurus dan kontinu akan menjadikan seorang muslimah teguh pendirian dalam meniti kebenaran haqiqi yang telah diperintahkan Allah SWT dan dituntunkan oleh Rasul-Nya. Ada beberapa kelas-kelas istiqamah yang ditulis dalam buku ini.
1. Istiqamah dalam keyakinan (iman);
2. Istiqamah dalam ibadah yang sudah ditetapkan kadar dan waktunya;
3. Istiqamah dalam syariat agama;
4. Istiqamah dalam inti pemikiran (prinsip kebenaran)
5. Istiqamah dalam tindakan yang benar (amaliyah)
6. Istiqamah dalam perjuangan di jalan Allah
Setelah dapat merasakan nikmatnya keimanan dari buah istiqamah, maka selanjutnya tak lupa Allah akan memerikan medali-medali yang diperuntukkan khusus bagi orang-orang yang istiqamah. Medali-medali tersebut antara lain: Keutamaan (fadhilah), Pertolongan (ma’unah), Keistimewaan (karamah).
Buku ini merupakan buku  bagus untuk yang baru saja berikrar setia dan menunaikan tugas mulia sebagai muslimah. Desainnya yang sederhana, namun mengesankan serta penulisan yang cukup dapat mengajak dan seolah-olah penulis berbicara dengan pembaca memberikan poin plus dalam menarik minat muslimah untuk melanjutkan dalam mendengarkan secara bathin nasihat-nasihat mulia. Hanya saja, alangkah lebih baik lagi jika diselipkan gambar berwarna agar pembaca yang cenderung dengan otak kanan, akan lebih mudah memahami bahasa dan tulisan penulis.


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget