Senin, 18 Maret 2013

 16.31         4 comments

Harmonisasi Dakwah untuk Mewujudkan Organisasi Madani

Guna membina keimanan dan ketaqwaan para kadernya, UKM-FEB SEFiS mengadakan acara MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) pada hari Sabtu dan Minggu, tepatnya tanggal 16 dan 17 Maret 2013. MABIT adalah acara rutin 2 bulanan dari divisi HRD SEFiS yang mengharuskan para kadernya untuk menginap di tempat yang ditentukan guna mendapatkan materi-materi tentang keislaman sebagai bekal nantinya sebagai aktivis dakwah. Sedikit berbeda dengan acara-acara yang lain, acara MABIT ini dilaksanakan di tempat yang berbeda antara tempat MABIT Laki-Laki (Ikhwan) dan tempat MABIT perempuan (Akhwat). Hal ini demi tetap terciptanya nuansa yang Islami.

MABIT Ikhwan

MABIT Ikhwan diselenggarakan di Masjid Nururrahman (Masjid Kampus UTM). Di hadiri 11 SEFiSer (sebutan bagi anggota SEFiS). Para kader aktivis dakwah ini mulai berdatangan menjelang shalat Isya' yang kemudian melaksanakan shalat Isya' berjema'ah. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi keislaman tentang ''Amal Jama'i''. Para peserta tampak serius menyimak apa yang disampaikan oleh ustadz Riska tentang Amal Jama'i ini. Setelah materi amal jama'i selesai, dilanjutkan dengan materi ''Ukhuwah Islamiyah'' yang disampaikan oleh Jakfar, mantan Ketua LDK-MKMI UTM. Mahasiswa yang masih menempuh pendidikannya di jurusan Teknik  Informatika semester 8 UTM ini, mengingatkan kepada para paserta MABIT tentang pentingnya Ukhuwah atau persaudaraan diantara sesama muslim. Setelah dua materi tadi selesai, para peserta dipersilahkan untuk beristirahat.
Sekitar jam 03.00 dini hari, para peserta di bangunkan untuk shalat malam (Qiyamul Lail) secara berjema'ah. Para peserta pun dengan segera langsung mengambil wudhu untuk menghilangkan kantuk yang masih mereka rasakan. Peserta tambah khusu' melaksanakan shalatnya. Lalu di lanjutkan dengan shalat shubuh.
Setelah shalat subuh dilaksanakan, acara selanjutnya adalah Muhasabah. Yakni sejenak merenung untuk membuka hati dan menggkoreksi perbuatan-perbuatan yang pernah dilakukan. Acara muhasabah ini dipandu oleh Pramudia (direktur SEFiS) dengan tambahan efek visual dan audio yang menambah khidmat para peserta. Acara selanjutkan adalah makan-makan. Nasi yang telah dimasak disajikan di atas daun pisang yang telah disiapkan. Tak perlu menunggu lama, makananpun disantap dengan lahap oleh peserta. Meski dengan lauk sederhana, mie goreng dan telur yang dilengkapi dengan sambal tentunya. Setelah selesai menyantap makanan, kini tiba waktunya para peserta pulang kerumah masing-masing. Dengan membawa bekal ilmu untuk terus terus berdakwah di jalan Allah.

MABIT Akhwat

MABIT Akhwat dilaksanakan di perumahan Graha, rumah dari slah satu anggota SEFiS. Dihadiri sekitar 33 SEFiSer. Kegiatan dimulai dengan pembukaan Mabit oleh ketua pelaksana yang dilanjutkan oleh pemberian materi pertama oleh Ibu Laila dengan tema kajiannya tentang kemuslimahan. Setelah Tanya jawab dan sharing tentang kemuslimahan acara pun dilanjutkan dengan shalat maghrib berjamaah. Lalu tartil Al-Qur’an dan membaca Al ma'surat bersama. Acara selanjutnya yaitu shalat isya’ berjamaah lalu menyantap makan malam yang telah dimasak bersama oleh para akhwat sefisers. Kebersamaan yang terjalin pun kian kuat selama acara demi acara berlangsung. Setelah itu ada materi dari salah satu sejarahwan  pendiri SEFIS yaitu mbk Atik. Dari pengalaman beliau berorganisasi, peserta dapat memperoleh banyak masukan dan belajar  bagaimana mengembangkan sebuah organisasi dan tetap konsisten untuk terus berjuang dijalan dakwah islamiah. Setelah banyak sharing tentang bagaimana berorganisasi, kegiatan selanjutnya yaitu berkreatifitas dan dilanjutkan dengan berlayar ke pulau kapuk. Pada pukul 03.00 WIB, para peserta dibangunkan untuk melaksanakan qiyamul lail . Dilanjutkan dengan shalat subuh dan membaca Al Ma'surat bersama. Acara pagi harinya yaitu pagi sehat dan out bound  bersama. Setelah out bound, masak bersama dan makan bersama pula. Acara ditutup pukul 09.00 WIB dengan perasaan senang karena semua acara telah kami lalui dengan baik.

''Meski tidak sesuai rencana, karena masih ada kegiatan yang tidak optimal. Namun ukhuwah temen-temen SEFiSer sangat kuat, apalagi pada acara makan-makan. Sangat terasa sekali. Membuat MABIT kali ini begitu terkesan''. Ungkap Wahyu Hidayat selaku ketua pelaksana MABIT saat ditemui tim redaksi.(red)
Reaksi:

4 komentar:

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget