Jumat, 04 Januari 2013

 09.43         4 comments

Studi Banding 3 Kampus


            Hari yang ditunggu-tunggu oleh segenap anggota UKMF SEFiS akhirnya tiba. Tepatnya hari sabtu tanggal 22 Desember 2012. Karena pada hari tersebut, SEFiS mengadakan kegiatan ‘Studi Banding  Kampus’. Ketiga kampus tersebut antara lain adalah Universitas Airlangga (UA), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
            Kunjungan ke KSEI (Kelompok Studi Ekonomi Islam) lain ini baru pertama kalinya diadakan di SEFiS. Namun antusias dari anggota SEFiS sangat bagus. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya anggota SEFiS yang mengikuti kegiatan ini. Kurang lebih 60 mahasiswa turut memeriahkannya.
            Sekitar pukul 06.00 WIB, para aktivis SEFiS ini sudah siap dan berkumpul di depan kantor pusat Universitas Trunojoyo Madura tercinta. Namun sebelum berangkat, terjadi sedikit percekcokan dengan supir bus yang sudah disewa. Supir bus bersikukuh tidak akan berangkat sebelum dia menerima uang satu juta sebagai pembayarannya. Padahal PJ Transportasi yang dalam kegiatan ini dipercayakan kepada Fikrul Lubab menyatakan semuanya sudah beres dengan pihak travel. “saya sudak membayarkan semua biayanya ke pihak travel”, ungkapnya. Setelah negosiasi yang cukup panjang, akhirnya terselesaikan masalah ini dengan berbagai kesepakatan-kesepakatan. Teman-teman SEFiS akhirnya bisa bernafas lega kembali.
            Tujuan pertama dari perjalanan ini adalah Universitas Airlangga, Surabaya. Dengan KSEInya yang bernama AcSES (Association of Syariah Economic Study). Setiba disana, rombongan dari SEFiS langsung menuju musholla lantai 3 fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Airlangga, tempat bertemunya kedua KSEI ini. “Langkah yang sangat strategis acara seperti ini, guna bahan pembelajaran untuk kepengurusan berikutnya. Dengan melakukan studi banding, wawasan kita bisa saling terbuka dan juga mempererat tali silaturrahmi”, begitu ungkap wahyu Wisnu Wardana, keta umum baru AcSES saat diwawancarai PR (Public Relation) SEFiS.
            Hal yang menjadi target utama pembelajaran para kader SEFiS dari AcSES ini adalah kunci sukses saudara-saudara AcSES dibidang KTEI (Karya Tulis Ekonomi Islam). Mengingat begitu banyaknya prestasi-prestasi yang telah diraih baik di lomba-lomba tingkat regional maupun tingkat nasional. “yang terpenting adalah intensifitas kita dalam mengikuti kajian-kajian bersama dan membaca buku, guna menambah ilmu dan wawasan kita. Yang di praktekkan dengan coba-coba membuat KTEI itu sendiri”, jawab saudara bayu, mantan ketua umum AcSES saat ditanya rahasia kesuksesan mereka sering menjadi pemenang dalam LKTEI.
            “Kami lihat SEFiS mempunyai SDM yang potensial. Tinggal dikembangkan lagi”, sambung saudara Wahyu lagi. Setelah lama berbincang-bincang dan tanya jawab, akhirnya teman-teman SEFiS mohon pamit dan segera melanjutkan perjalanannya menuju Universitas Brawijya, Malang.
            Jam menunjukkan 13.30 saat para kesatria Islam dari UTM ini sampai di aula lantai 5 gedung “D” FEB UB. Teman-teman SEFiS begitu serius saat mendengarkan saudara Eka menjelaskan tentang sistem kaderisasi di CIES (Center For Islamic Economics Studies). Ketua umum CIES yang juga menjabat sebagai koordinator regional Jawa Timur ini juga mengungkapkan pentingnya membangun kualitas Sumber Daya Manusia yang baik. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kegiatan-kegiatan di CIES yang bertujuan menyiapkan skill dan pengetahuan para pejuang Islam di bidang ekonomi ini. Seperti DC (Diklat CIES) yaitu diklat pertama CIES, TC (Training CIES) yaitu kaderisasi tahap dua diamana anggota CIES menjalani pelatihandalam meningkt kankeilmuan ekonomi islam serta meningkatkan militansi anggota CIES, TFT (Training for Trainer) yaitu kaderisasi tahap tiga dalam memberikan training dalam bentuk public sspeaking da teknik presentasi, CSC (CIES Study Club), dan School of Tentor-Astor. Begitulah CIES mempersiapkan para kader-kadernya.
            Pada pukul 16.30, teman-teman SEFiS meninggalkan Universitas Brawijaya menuju tujuan terakhir yakni KSEI FPED (Forum Pengkajian Ekonomi Syari’ah dan Dakwah Islam) Universitas Muhammaiyah Malang (UMM).
            Tibalah rombongan SEFiS di UMM yang sudah dinanti-nantikan oleh saudara-saudara FPED dan diantar ke lab.akuntansi lantai 5 Gedung Kuliah Bersama 3 UMM. “Sungguh luar biasa dab senang atas kunjungan dari teman-teman SEFiS, semoga ini bisa menjadi awal yang baik untuk keduanya dan untuk ekonomi Islam”, sambut hangat Adi Surahman selaku ketua umum FPED. Selanjutnya beliau menjelaskan program kerja FPED periode 2012-2013. Begitu banyak proker bagus dan menarik yang disampaikan. Namun timbul sebuah pertanyaan, dari manakah FPED mendapat pendanaan untuk melaksanakan semua proker tersebut?. Pelajaran inilah yang diambil oleh teman-teman SEFiS dalam kunjungan ke FPED ini. Manajemen keuangan KSEI UMM ini begitu bagus. Ternyata rahasianya terletak pada kreatifitas dan kerja keras anggota FPED itu sendiri. Dengan membuka usaha-usaha seperti mini kantin, bazar wisuda, cathering, dan pembuatan souvenir sendiri, sehingga menjadi sumber pendanaan di FPED. Banyak lagi ilmu yang bisa diambil dari saudara-saudara kita di FPED ini.
            Dimana ada pertemuan, pasti ada perpisahan. Para calon ekonom-ekonom Islam masa depan ini harus pulang dan meninggalkan Malang dengan membawa ilmu dan pengalaman yang dipetik dari pertemuan ke tiga KSEI tersebut. “Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan lancar sesuai rencana kita. Harapan saya, semoga ilmu yang diperoleh teman-teman SEFiS dalam kegiatan ini dapat diterapkan di SEFiS. Agar SEFiS bisa semakin maju dan berkembang”, ungkap ketua umum SEFiS, Pramudia Eka Yuli Permana. (red SEFiS).
Reaksi:

4 komentar:

  1. assalamualaikum......salam ekonomi islam jaya selalu allahu akbar.....sebelumx saya mnta maaf adek2 skalian sayang sangat bangga sekali atas kemajuan sefis tahun2 ni...meski saya kdang g' bsa hadir dalam setiap kgiatanx d sbabkan pekerjaan yang mnuntut q agar cpat lulus.....adek2 yg d romati allah....blo ni bagus sekali namun q maju tanyak kira2 nama setiap pengurus baik lama atau yg baru d masukkan g'.....? biar kita mengenang jasa2 kakak senior kita yg memperjuangkan sefis sampai maju seperti ini....jka g' da q nitip saran untuk d masukkan baik pengurs teras maupun anggotax....terima kasih assalamualaikum ...bravo eknomi syariah ...sefis jaya selalu....ALLAHU AKBAR....

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikum salam....
      salam ekonom robbani...

      syukron katsir atas pujian dan sarannya,,..
      semoga SEFiS tambah maju...
      aamiiiin

      berkenaan tentang struktur kepengurusan tahun-tahun sebelumnya tidak kami post karena kami tidak mempunyai filenya. mungkin antum punya, nanti kami post di blog ini.

      Hapus
  2. menarik, dan sayang aku belum bisa ikut.....
    :(

    BalasHapus

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget